SMP Alam
Citra Insani

SACI Ekstra Pramuka
SACI Cooking Class
SACI Ekstra Teater
SACI Project Sorgum

Karakteristik dan
Lingkungan Belajar

SMP Alam Citra Insani memiliki berbagai macam fasilitas yang mumpuni untuk menunjang proses pembelajaran. Beberapa diantaranya menggunakan bahan-bahan alam seperti saung/bilik-bilik bambu, kayu dan bahan alam lainnya yang merupakan ciri Sekolah yang menyatu dengan alam.

Selain itu kami juga memiliki fasilitas pendukung lainnya seperti hutan mini, kolam budidaya, area praktek dan lainnya yang didesain senyaman mungkin sehingga mirip dengan suasana di rumah.

Program Unggulan
SMP Alam Citra Insani

Integrated Learning

Gardening

Animal Farming

Berkuda

Parade Nusantara

Kelas Sains

Outbond

Leadership Camp

Panahan

Magang

Market Day

Kelas Sepak Bola

International Day

Assembly

Festival Olahraga

Festival Seni

Festival Tahfidz

Coding

Bahasa Arab

Bahasa Inggris

Manasik Haji

Field Trip

Karakteristik
Kurikulum

Kurikulum SMP Alam Citra Insani Lamongan memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompotensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Kata alam pada kata sekolah alam mempunyai dua makna yaitu sebagai pengalaman dan alam sebagai semesta alam, makhluk, segala sesuatu yang diciptakan Allah. Pada proses pembelajarannya sekolah alam selalu mengedepankan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Pengalaman menggali alam smesta, makhluk dan segala sesuatu yang ada disekitarnya maupun berbagai kejadian yang ada disekitarnya. Sekolah Alam menyebutnya dengan Belajar Bersama Alam atau disingkat sebagai BBA.

BBA terbagi atas menjadi 4 cara:

B. Pendekatan Taksonomi Bloom
Pada metode belajar bersama alam, anak-anak akan mampu menyerap berbagai informasi dan “pengalaman belajar” disesuaikan dengan perkembangan psikologis dan kognitif sesuai dengan perkembangan umurnya pada setiap level kelas berdasarkan pendekatan Taksonomi Bloom yaitu:

Output
Pembelajaran

Pendidikan
Akademik dan Akhlak

Keterampilan Akademik: Siswa diharapkan dapat menguasai mata pelajaran akademik dengan baik, serta memiliki kemampuan untuk menerapkan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Keterampilan Sosial dan Etika: Siswa dibekali dengan akhlaq yang baik dan keterampilan sosial yang mendukung mereka menjadi individu yang berintegritas dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Projek dan
Kegiatan Ekstrakurikuler

Projek Tematik: Siswa terlibat dalam projek yang terkait dengan tema tertentu, yang mengintegrasikan pembelajaran dari berbagai mata pelajaran. Output dari projek ini bisa berupa produk fisik, presentasi, atau laporan yang menunjukkan pemahaman dan keterampilan siswa.

Kegiatan Ekstrakurikuler: Berbagai kegiatan seperti klub, organisasi, atau acara sekolah yang dirancang untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Output dari kegiatan ini sering kali berupa prestasi atau pengembangan keterampilan khusus.

Pemanfaatan
Teknologi

Pembelajaran Berbasis Teknologi: Siswa mempelajari cara menggunakan teknologi secara efektif dalam pembelajaran dan projek. Outputnya bisa berupa produk digital, aplikasi, atau solusi teknologi lainnya yang dikembangkan oleh siswa.

Kolaborasi dan Kemandirian: Siswa belajar berkolaborasi dengan baik dan mampu bekerja secara mandiri. Output ini dapat dilihat dalam kemampuan siswa untuk bekerja dalam tim, menyelesaikan tugas secara mandiri, dan berkontribusi pada hasil akhir projek.

Pengalaman Belajar dan
Keterampilan Hidup

Pengalaman Praktis: Melalui berbagai kegiatan yang melibatkan alam dan praktek langsung, siswa memperoleh keterampilan praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Outputnya adalah keterampilan hidup yang berguna dan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia sekitar mereka.

Program Projek

Produk: Siswa dapat menghasilkan produk seperti model, presentasi digital, poster, atau karya seni yang relevan dengan tema projek.

Dokumen: Laporan projek atau makalah yang mendokumentasikan proses, hasil, dan refleksi siswa.

Presentasi: Siswa dapat membuat dan menyampaikan presentasi mengenai projek yang telah mereka kerjakan, baik dalam bentuk lisan maupun visual.

Dapatkan Informasi Terkini

Berlanggan newsletter Sekolah Alam Citra Insani dengan melakukan subscribe. Dapatkan kabar, berita, dan informasi menarik lainnya.

Subscribe