KB Alam
Citra Insani
Karakteristik dan
Lingkungan Belajar
KB Alam Citra Insani memiliki bangunan sekolah yang terdiri dari beberapa fasilitas. Beberapa bangunan menggunakan bahan-bahan alam seperti saung/bilik-bilik bambu, kayu dan bahan alam lainnya yang merupakan ciri Sekolah yang menyatu dengan alam.
Selain itu kami juga memiliki ruangan montessori, area praktek dan ruangan-ruangan lainnya yang didesain senyaman mungkin sehingga mirip dengan suasana di rumah.



Program Unggulan
Integrated Learning
Gardening
Animal Farming
Berkuda
Parade Nusantara
Fun Camp
Market Day
International Day
Assembly
Festival Seni
Festival Olahraga
Festival Tahfidz
Kelas Bakat
Bulan Bahasa
Manasik Haji
Field Trip
Karakteristik
Kurikulum
Kurikulum Kelompok Bermain Alam Citra Insani disusun dengan mengusung nilai-nilai islami sebagai dasar untuk pengembangan karakter peserta didik yang berakhlaqul karimah dan menjalankan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Penerapannya dilakukan melalui pembiasaan rutin yang diterapkan mulai anak datang di KB Alam Citra Insani. Terbiasa mengucapkan salam, membaca surat-surat pendek, shalat dhuha, serta membaca asmaul husna setiap hari.
Dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, dan partisipatif Kelompok Bermain Alam Citra Insani Lamongan menerapkan konsep Montessori yang menekankan pembelajaran mandiri dan lingkungan yang terstruktur namun fleksibel. Kelas Montessori memiliki bahan-bahan pendidikan yang dirancang untuk merangsang rasa ingin tahu dan aktif dimana Guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing dan mendukung proses eksplorasi anak. Metode ini mendorong keterampilan motorik halus, kognitif, sosial emosional dan kreativitas anak.
Selain itu, KB Alam Citra Insani juga menerapkan konsep pembelajaran BBA (Belajar Bersama Alam) yang mencakup pembiasaan baik dan kurikulum terintregasi.
Kegiatan belajar mengajar di KB Alam Citra Insani dikemas dalam rangkaian aktivitas rutin, kegiatan terprogram, dan proyek terjadwal. Semua rangkaian itu dilaksanakan bersama alam dan berorientasi pada akhlaq, berfokus pada diri (self core oriented) siswa, dan kreatif.
Siswa dengan gembira akan menjalani berbagai aktivitas dan secara tidak langsung akan menguasai berbagai kompetensi yang ada baik di kurikulum nasional maupun kurikulum khusus. KB Alam Citra Insani melaksanakan kurikulum nasional dilengkapi dengan kurikulum khusus berupa tahfidz, enterpreneurship dan pengembangan bakat.
Pengembangan
Akhlak & Kepemimpinan
Melalui keteladanan dan kegiatan leadership dasar, kami berkomitmen untuk membentuk karakter dan dapat bertanggung jawab pada setiap murid. Penanaman nilai-nilai karakter dilaksanakan melalui pembiasaan dan keteladanan, seperti budaya BRT (bersih, rapi, tertata), 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), pemilahan sampah, dan lainnya.
Key Learning
Activity
Belajar Bersama Alam
Kami menawarkan pengalaman belajar yang unik melalui eksplorasi alam. Ini tidak hanya meningkatkan pemahaman murid tentang lingkungan, tetapi juga mengasah kemampuan logika mereka melalui interaksi langsung dengan alam.
Montessori
Pembelajaran Montessori menekankan pembelajaran mandiri dan lingkungan yang terstruktur namun fleksibel. Menggunakan apparatus yang menarik sehingga mampu memberikan semangat anak-anak dalam mengasah kemampuan baik motorik maupun pemahaman dasar lainnya.
Output
Pembelajaran
Nilai Agama
Pengenalan Ibadah
Cerita Keagamaan
Nilai Moral
Kejujuran
Kepedulian & Empati
Tanggung Jawab
Kesopanan & Etika
Berbagi
Pengembangan
Karakter
Kedisiplinan
Ketekunan
Kemandirian
Perkembangan
Kognitif
Mengenal Huruf & Angka
Menghitung
Mengenal Bentuk & Warna
Mengenal Konsep Waktu
Perkembangan
Fisik
Keterampilan Motorik Kasar
Keterampilan Motorik Halus
Perkembangan
Sosial-Emosional
Berinteraksi dengan Teman
Mengelola Emosi
Keterampilan
Sosial
Komunikasi
Etika & Tatakrama
Pengalaman &
Pengetahuan Alam
Pengetahuan Dasar tentang Alam
Kreatifitas &
Imajinasi
Ekspresi Seni
Berpikir Kreatif