SD Alam
Citra Insani
Karakteristik dan
Lingkungan Belajar
SD Alam Citra Insani Lamongan merupakan salah satu model sekolah alternatif yang memiliki metode berbeda dengan sekolah konvensional pada umumnya, yaitu menggunakan sistem pembelajaran dengan konsep tematik yang berbasis alam semesta. Sekolah ini memanfaatkan alam semesta sebagai sumber, media dan tempat belajar utama.
Sekolah meyakini bahwa lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan kondusif dapat mendukung berkembangnya pengetahuan, mengasah keterampilan, serta membentuk sikap belajar yang baik dari murid. Lingkungan sekolah dirancang sesuai dengan tujuan pendidikan yang dapat dimanfaatkan murid sebagai sumber belajar dan laboratorium kehidupan.



Program Unggulan
SD Alam Citra Insani
Integrated Learning
Gardening
Animal Farming
Berkuda
Parade Nusantara
Outbond
Leadership Camp
Panahan
Magang
Market Day
International Day
Assembly
Festival Olahraga
Festival Seni
Festival Tahfidz
Coding
Bahasa Arab
Bahasa Inggris
Manasik Haji
Field Trip
Karakteristik
Kurikulum
Penyelenggaraan pendidikan di SD Alam Citra Insani Lamongan memadukan pendidikan umum, pendidikan karakter dan pendidikan berbasis alam serta mengusung konsep merdeka belajar yang memberi kesempatan murid untuk belajar bersama alam dalam kampus kehidupan menjadi ahli ibadah yang cerdas, mandiri, penuh manfaat, dan sukses dunia akhirat.
SD Alam Citra Insani Lamongan menerapkan pendidikan fitrah yaitu mengembangkan pendidikan bagi semua dan belajar dari mana saja sehingga fitrah murid dapat berkembang dan tumbuh sesuai kompetensinya. Mendorong murid untuk menjadi lebih kreatif dan kritis dalam membangun pengetahuan secara mandiri melalui pengalaman belajar langsung bersama alam. Murid diarahkan untuk memahami potensi dasarnya melalui kesempatan yang terbuka luas untuk mengeksplorasi diri.
Kurikulum yang digunakan di SD Alam Citra Insani Lamongan tetap mengacu pada Kurikulum Nasional yang terintegrasi dengan 4 pokok pengembanga, yaitu:
- Pengembangan akhlak, dengan metode teladan
- Pengembangan logika, dengan metode action learning belajar bersama alam
- Pengembangan sifat kepemimpinan (leadership), dengan metode outbound training
- Pengembangan kewirausahaan, dengan metode magang dan belajar dari ahlinya (learn from maestro)
Kurikulum dikembangkan dengan memberikan pengalaman belajar sebanyak-banyaknya melalui interaksi langsung bersama alam. Integrasi ilmiah-ilahiah dimana ilmu pengetahuan dan iman adalah dua hal esensial untuk mencapai pembelajaran bermakna.
Key Learning
Activity
Pembelajaran
Tematik & Project
Kami mengunakan pendekatan pembelajaran tematik yang memungkinkan murid untuk menjelajahi berbagai konsep akademik melalui konteks yang relevan dan menarik. Setiap tema disusun untuk memfasilitasi pembelajaran yang menyeluruh dan mendalam.
Kegiatan
Kolaboratif
Kami percaya bahwa belajar melalui kolaborasi besar yang melibatkan semua murid tidak hanya akan mengembangkan keterampilan sosial dan kolaboratif, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan di antara murid, guru, dan pihak guru tamu yang terlibat. Kami juga memiliki program Learn from Maestro yaitu program dimana murid dapat belajar dari ahlinya.
Pengembangan
Akhlak & Kepemimpinan
Melalui keteladanan dan kegiatan outbond, kami berkomitmen untuk membentuk karakter yang kokoh dan kepemimpinan yang bertanggung jawab pada setiap murid. Penanaman nilai-nilai karakter dilaksanakan melalui pembiasaan dan keteladanan, seperti budaya BRT (bersih, rapi, tertata), 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), pemilahan sampah, dan lainnya.
Belajar
Bersama Alam
Kami menawarkan pengalaman belajar yang unik melalui eksplorasi alam. Ini tidak hanya meningkatkan pemahaman murid tentang lingkungan, tetapi juga mengasah kemampuan logika mereka melalui interaksi langsung dengan alam.
Output
Pembelajaran
Koognitif
Murid kaya pengetahuan dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep dasar dalam berbagai mata pelajaran.
Murid memiliki ketrampilan berpikir kritis melalui kegiatan projek, observasi maupun riset.
Murid memiliki ketrampilan berpikir kreatif sehingga mampu menghasilkan ide-ide baru, inovatif, melalui komunikasi yang terbangun bersama fasilitator.
Murid memiliki ketrampilan literasi dan numerasi yang baik dan mampu menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Psikomotor
Keterampilan Sosial: Murid mampu berinteraksi dengan orang lain secara efektif, bekerja sama dalam kelompok, dan mengedepankan adab dalam bersosialisasi.
Keterampilan Motorik Halus dan Kasar murid berkembang dengan baik sehingga murid memiliki koordinasi tangan dan mata, serta memiliki kekuatan fisik dan keseimbangan yang baik
Murid memiliki ketrampilan berpikir kreatif sehingga mampu menghasilkan ide-ide baru, inovatif, melalui komunikasi yang terbangun bersama fasilitator.
Murid memiliki ketrampilan literasi dan numerasi yang baik dan mampu menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Afektif
Murid yang berakhlak mulia dengan memiliki nilai-nilai moral yang tinggi, seperti jujur, amanah, disiplin, bertanggung jawab, dan peduli terhadap sesama.
Murid memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mampu melakukan tindakan nyata untuk melestarikannya.
Murid memiliki ketrampilan berpikir kreatif sehingga mampu menghasilkan ide-ide baru, inovatif, melalui komunikasi yang terbangun bersama fasilitator.
Murid memiliki sikap belajar yang positif yaitu memiliki motivasi belajar yang tinggi, rasa ingin tahu yang besar, dan sikap terbuka terhadap ide-ide baru.
Khusus
(Berbasis Konsep Sekolah Alam)
Murid memiliki pemahaman yang mendalam tentang alam, ekosistem, dan keberlanjutan lingkungan.
Murid mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan dan mampu hidup selaras dengan alam.
Murid memiliki keterampilan dasar survival, seperti mencari makan di alam, membuat api unggun, dan membangun tempat tinggal sementara.
Murid memiliki ketrampilan berkebun/ bercocok tanam, mampu menanam, merawat, dan memanen tanaman.